Menentukan Metode Belajar Yang Paling Tepat Untuk Anak


By Ratih Ratnasari

Setiap anak memiliki potensi belajar yang berbeda-beda. Minat, daya tahan, dan konsentrasi pada saat belajar mempengaruhi kegiatan belajar mereka. Hal pertama yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah mengenali potensi, watak, dan kebiasaan mereka terlebih dahulu.
Potensi belajar anak selanjutnya memberikan kita gambaran tentang apa yang mereka butuhkan sehingga mendapatkan lingkungan belajar yang kondusif untuk tiap-tiap anak. Misalnya jika ia memahami hal lewat gambar, lagu, atau games, akomodasi hal tersebut sehingga memudahkannya dalam menerima informasi. Jika anak senang membaca, akomodasi mereka dengan menyediakan buku sesuai usia dan minatnya.
Belajar, seperti juga kegiatan lain, akan lebih menyenangkan jika kita menyukai dan menikmati kegiatan tersebut, sehingga memaksakan anak belajar terus menerus tanpa istirahat tidak akan efektif. Lebih mengutamakan kualitas belajar daripada kuantitas akan lebih efektif. Menilai kefektifan belajar adalah dari apa yang didapatkan dari aktivitas belajar tersebut bukan dari lamanya waktu belajar. Jika anak punya konsentrasi yang pendek, belajar singkat kemudian diselang dengan kegiatan lain untuk me-refresh energinya.
Les privat guru datang ke rumah cirebon dan sekitarnya
Anak-anak terkadang menanyakan mengapa mereka harus belajar atau untuk apa mereka harus belajar ini dan itu. Berilah penjelasan yang masuk akal tentang mengapa mereka perlu belajar. Misalnya jika nanti kamu besar, profesi apapun akan membutuhkan kemampuan matematis minimal yang sederhana dan kemampuan analisa, itulah mengapa kamu perlu belajar matematika. Mempelajari mata pelajaran lain juga sama pentingnnya misalnya ilmu Fisika, Kimia dan ilmu eksakta yang lain selain memberikan informasi namun mempelajarinya akan mengasah kemampuan analisa dan sistematika berpikir. Pelajaran ilmu sosial juga penting karena kita setelah selesai sekolah akan hidup di masyarakat yang memiliki nilai-nilai sosial tertentu. Fungsi dari proses pembelajaran bukan hanya untuk mendapatkan informasi, namun juga mengasah skills yang nanti akan dibutuhkan di kehidupan luar sekolah. Berikan motivasi belajar yang tepat, bukan hanya mengacu pada nilai ujian.
Peran guru, orang tua atau pendamping belajar adalah memberikan informasi yang dibutuhkan sebelum mereka mengerjakan soal, saat mereka mengerjakan soal atau menemukan masalah biarkanlah dikerjakan sendiri. Pada saat mereka menemui hal yang sulit pada saat belajar, bantulah mereka bukan dengan memberikan jawaban soal secara langsung namun dengan memberi dukungan dan pertanyaan-pertanyaan untuk menanyakan dulu apa yang mereka tahu, apa yang mereka belum tahu, kira-kira dari mana mendapatkan informasi yang dibutuhkan, biarkan mereka mencari dulu informasi tersebut sendiri, setelah mereka merasa menemukan jawaban yang diinginkan tanyalah seberapa yakin mereka dengan jawabannya, dan apa alasannya. Hal ini akan membantu sistematika berfikir anak sekaligus mengasah kemampuan mereka memecahkan masalah.

Key Points:
-          Kenali potensi anak
-          Kenali apa yang mereka perlukan
-          Jangan memaksakan metode pembelajaran tertentu. Setiap anak memiliki cara sendiri untuk belajar
-          Mengutamakan kualitas belajar bukan kuantitas
-          Berikan penjelasan yang masuk akal mengapa mereka perlu belajar
-          Berikan motivasi yang tepat, bukan mengacu pada nilai ujian
-          Memberikan bantuan artinya memberikan dukungan bukan memberikan jawaban secara langsung


Untuk info lebih lanjut hubungi :
Hp / WA                     : 0895393477129 ,081252205636
BBM                           : 5D2C7A32
EMAIL                       : Asta396@yahoo.com
                                      Astacolo14@gmail.com


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About